Resep dan cara membuat bolu batik-ALACAFFE

resep dan cara membuat bolu batik 2017

Bila dulu aktivitas membatik hanya mampu dilakukan di kain, maka sekarang membatik bisa dilakukan di bolu rol. Anda pun bisa mencoba membuatnya pada rumah.
Buat membuat bolu rol batik tidaklah berbeda dengan membentuk bolu rol biasa, hanya saja diperlukan kesabaran yg ekstra. Mengukir campuran menjadi motif batik adalah kegiatan yg memerlukan ketelatenan dan  kehati-hatian supaya hasilnya mampu sesuai asa.

Buat menghasilkan tabrakan batik, bahan yang diperlukan adalah campuran kue yang sebelumnya sudah diberi pewarna makanan. Motif batik yang dibuat pula mampu diadaptasi dengan selera masing-masing, tentu saja motif yang rumit akan membuat kue yang rupawan juga.

Cara membuat bolu rol batik kukus ini cukup simpel, persiapkan terlebih dahulu corak batik yg akan dirancang. Mampu pilih design batik cirebon dengan motif mega mendung, design batik pekalongan dengan motif jlamprang, design batik indramayu menggunakan motif dermayon serta motif-motif lainnya. Buat pemula usahakan pilih motif yang tak terlalu rumit mirip motif kawung misalnya.

Selesainya memilih motif batik yg akan pada aplikasikan buat membentuk bolu rol, print motif batik tersebut sinkron berukuran loyang yang akan digunakan. Waktu latbar kemarin kami menggunakan loyang ukuran 24 x 24 cm, jadi peralatan yg dibutuhkan diantaranya :

* loyang ukuran 24 x 24 centimeter
* kertas roti
* motif batik yang sudah pada print dengan berukuran yg diubahsuaikan menggunakan berukuran loyang
* alas kudapan manis yang akan digunakan sebagai alas ketika membatik
* pewarna kuliner sinkron warna yang diperlukan
* klakat untuk mengukus
* aduk-aduk untuk mengocok adonan
* baskom untuk tempat mengocok campuran
* mangkuk mungil buat mewarnai campuran
* plastik segitiga/piping bag

Langkah pertama buat campuran bolu rol terlebih dahulu, campuran bolu gulung bisa dirancang berasal resep membentuk bolu rol kukus yg akan aku  posting berikutnya. Setelah adonan bolu rol siap ambil sedikit campuran tadi buat diberi rona, kemudian masukan campuran yg telah diberi warna tersebut kedalam piping bag. Lalu gambar motif batik menggunakan memakai campuran yang sudah diberi rona tersebut, caranya seperti foto dibawah, letakan alas kudapan manis paling bawah, kemudian hasil print-nan motif batik dan  paling atas kertas roti, agar kertas tersebut tidak bergeser gunakan penjepit. Sehabis selesai membentuk motif kemudian angkat perlahan kerta roti tadi buat dipindahkan ke pada loyang.

Sesudah kukusan pertama tadi lalu siram balik  menggunakan residu adonan tadi dan  kukus balik . Setelah matang angkat lalu angkat dan  keluarkan asal loyang. Lepaskan kertas roti yang menempel di cake, lalu balikan kudapan manis (bagian yang bermotif ada dibagian bawah). Jangan lupa bolu yang akan digulung tadi dialasi dengan kertas roti berukuran melebihi ukuran bolu. Beri isian menggunakan selai blueberry, butercream keju atau lainnya lalu rol perlahan memakai kertas roti. Jangan lepas terlebih dahulu kertas roti tersebut sampai gulungan bolu sahih-sahih kokoh, Bila telah kokoh baru dibuka. Buat pemula mirip saya, yang baru pertama kali menghasilkan bolu rol batik kukus, alhamdulilah relatif rapi dari aku
.
Demikian resep  spesial dari ALACAFFE. kamu juga bisa mendapatkan Resep Masakan yang lainnya. Semoga bermanfaat dan Bisa Langsung di praktekan di rumah,sebagai hidang istimewa untuk seluruh keluarga tercinta.
REVIEW

Related Posts

Resep dan cara membuat bolu batik-ALACAFFE
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.