Flashback Coffee Workshop From Bandung to the World



Kita suka minum kopi tapi untuk proses dari perkebunan kopi sampai menjadi secangkir kopi ditangan kita . Nah ini lah yang akan kita pelajari lamgsung dari ahlinya.
Di session pertama , kita diceritakan bagaimana sejarah kopi juga perkembangan kopi hingga bisa sepesat ini dan Indonesia masuk dalam 5 besar di dunia .


Pertama kali, kopi hanya ada di Ethiopia dimana biji bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia dataran tinggi. Sampai akhirnya bangsa Arab yang memperluas perdagangannya , sampai meluas ke Afrika Utara dan biji kopi ditanam disana secara masal.
Dari Afrika Utara itulah biji kopi mulai meluas dari Asia sampai pasaran Eropa. Sampai akhirnya seorang Natanel Charis yang sebelumnya berprofesi sebagai fotographer, beberapa tahun ini rajin memperkenalkan kopi dari Jawa Barat kepublik melalui perusahaan yang didirikannya Morning Glory Coffee ,hampir 11Tahun yang lalu,melalui hasil studi khusus kopi selama beberapa tahun di Australia dan Italia ini menerapkan bagaimana menghasilkan kopi Preanger kepada para petani Jawa Barat untuk mendapatkan kualitas kopi yg benar benar bisa di jamin secara konsisten.
Kopi jawa barat dengan kopi utama Java Preanger dengan jenis arabica kembali digali semua potensi kopi tersebut , dimulai dari masa tanam pengolahan pasca panen pemanggangan (Roasting) pengepakan hingga pemasaran.
Sejarah mencatat, dulu Jawa Barat adalah penghasil kopi dan  sangat terkenal, tapi tenggelam setelah lahan kopi berubah menjadi komoditas lain seperti teh.
Session pertama berakhir sekarang waktunya kita makan siang.. horeeee
Koko Biru pesan mie ongklok dan secangkir kopi. Cici biru Pesan Tenderloin au Gratin dan secangkir kopi Yin & Yang.







Session kedua ini kita belajar tentang manual brewing dengan memakai kopi yang berasal dari Garut


Manual Brew Coffee menggunakan Syphon dan Chemex yg merupakan salah satu metode seduh pilihan untuk bisa menampilkan karakter kopi dgn lebih baik.
menggunakan alat syphon, menghasilkan rasa yang cenderung ringan sebaliknya dengan menggunakan Chemex rasa yang dihasilkan lebih pekat dan lebih asam dilidah.
Pelajaran hari ini sangat berharga dan menambah wawasan kita tentang kopi.
Terimakasih kepada Natanel Charis dan Morning Glory Coffee Juga Rase FM yang
membuat acara Coffee Workshop ini sukses.

 
Sukses terus juga buat  Natanel Charis yang akan membawa kopi dari Garut untuk dibawa ke ajang London Coffee Festival 30 April-3 Mei 2015 ,dimana hanya 20 orang yang terpilih dari seluruh dunia
untuk memperoleh gelar master Coffee.
Good luck!

Cintai selalu kopi Indonesia
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SUMBER :
Lets go eat
IG @lets.go.eat
FB let eats
Twitter @leteats
Email
leteats@gmail.com lets.go_eat@yahoo.com
Blog:
www.letsgoeatall.blogspot.com
Letsgoeat.info














Related Posts

Flashback Coffee Workshop From Bandung to the World
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.